Jurnal Primearly -46- UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 2 PEMANGKAT TERHADAP SIFAT SIFAT CAHAYA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Perkembangan dan perubahan di segala aspek kehidupan semakin pesat, begitu juga perkembangan di dunia pendidikan, tuntutan akan kesuksesan suatu pembelajaran sangat diprioritaskan. Untuk mendukung kesuksesan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu mencari dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk menyampaikan materi pelajaran, metode yang akan kita bahas disini adalah model pembelajaran membaca dan menulis. Rumusan masalah yang ingin disajikan sebagai bahan kajian adalah : Apakah penggunaan model pembelajaran membaca dan menulis dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas Kelas I SDN 2 Pemangkat Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran membaca dan menulis lancer pada siswa kelas I dapat meningkatkan motivasi belajar. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah model pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas I sangat baik guna mengasah ketrampilan membaca dan menulis yang telah didapatkan dari kelas I, selain itu untuk mencegah kebosanan dan meningkatkan hasil belajar. Minat adalah keinginan yang kuat atau kecenderungan hati yang sangat tinggi terhadap sesuatu. Minat seseorang dipengaruhi oleh factor luar, misalnya dukungan dari orang tua, saudara dan teman.