GURU MEDIA DAN SUMBER BELAJAR UTAMPENENTU PRESTASI PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran, fungsi dan tujuan guru sebagai media dan sumber belajar utama penentu preatasi peserta didik. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kedudukan, peran, fungsi dan tujuan guru sebagai media dan sumber belajar utama sehingga menjadi penentu preatasi peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kedudukan guru sebagai media dan sumber belajar sebagai berikut: (1) Guru sebagaimana kedudukan ulama dengan muridnya. Sebagaimana keutamaan bulan di atas bintang-bintang; (2) Guru seumpama dokter yang memberikan resep kepada pasiennya, harus ditaati kendati obat yang diberikan terasa pahit; (3) Guru tidak pernah tergantikan dari awal kehidupan manusia sampai berkahirnya zaman; (4) Guru menetukan karakter siswanya di kelas; dan (5) Guru yang mampu menampilkan diri dan keilmuan yang baik menjadi jaminan kesuksesan peserta didiknya. Menjadi guru yang sukses dan dicintai muridnya memiliki beberapa ciri: (1) Melaksanakan pembelajaran yang efesien dan efektif; (2) Selalu berparadigma dan berfikiran positif pada peserta didiknya; (3) Memiliki ekspektasi atau harapan positif pada semua siswa tanpa kecuali; (4) Bersikap adil terhadap peserta didik; dan (5) Menjadi inspirasi, memberi motivasi dan memebrika solusi.