PROFESIONALISME KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI SATU ATAP TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Peran Kepala Sekolah TK Negeri Satu Atap Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Program peningkatan profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah TK Negeri Satu Atap Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2017 /2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, dengan setting penelitian adalah TK Negeri Satu Atap Tarbiyatul Islam dan subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Tendik (Tenaga Pendidik berjumlah tiga orang dan siswa. Penelitian ini menyimpulkan: 1) Peran Kepala Sekolah yaitu: melibatkan segenap stakeholders dalam berbagi kegiatan seperti: program peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu pendidikan guru, penataran, pelatihan, suvervisi dan pendidikan lanjutan, serta melengkapi alat peraga kemudian sarana dan prasarana, serta dalam proses pembelajaran sering di pantau dan selalu diajak rapat dalam peningkatan kinerja guru yang berupa kelompok kerja guru (KKG); 2) program peningkatan profesionalisme kepemimpinan yaitu: pembentukan model sekolah efektif (effective school), meningkatkan kemampuan kinerja guru dalam menyusun program pengajaran sebagai bagian dari implementasi manajemen mutu pendidikan.