PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR ANAK USIA DINI

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang subtansial dalam penanganannya bagi kebutuhan perkembangan untuk generasi penerus bangsa oleh karenya bagi pemerintah dan pendiri-pendiri lembaga lainnya yang berdiri sendiri seperti halnya sekolah-sekolah non formal maka keterlibatan dalam penanggung jawaban atas dasar keberhasilan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran edutainment dalam hal penerapannya yang mencakup proses, ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis yang dapat memberikan dampak, baik terhadap perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap. Tugas pendidik yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi siswa. Proses pembelajaran mengembangkan tumbuh kembang siswa dalam hal aktivitas dan kreativitasnya, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar secara optimal. Maka siswa akan lebih kreatif jika dikembangkan rasa percaya diri pada siswa, dan mengurangi rasa takut, memberi kesempatan pada seluruh siswa untuk berkomunikasi ilmiah secara bebas dan terarah, melibatkan dalam menentukan tujuan belajar dan evaluasinya, memberikan pengawasan yang tidak terlalu ketat dan tidak otoriter, melibatkan mereka secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran secara menyeleruh dan berkesinambungan.