KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Abstract
Kesulitan belajar sangat umum dialami oleh peserta didik karena berbagai faktor baik dari internal peserta didik maupun eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan dalam persepsi, kemampuan mengingat, proses kognitif dan perhatian. Faktor eksternal meliputi situasi di luar dan sebelum sekolah serta situasi di sekolah. Kesulitan belajar dalam pembelajaran bahasa inggris berkaitan dengan empat aspek keterampilan yakni listening, speaking, reading dan writing. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam empat aspek tersebut seperti adanya disleksia dan disgraphia berkemungkinan besar mengalami kesulitan dalam belajar. Untuk itu, perlu dilakukan diagnosis kesulitan belajar peserta didik, dengan melakukan tes prasayarat, tes diagnostik, wawancara dan observasi. Setelah itu hasil diagnosis dianalisa dan diidentifikasi sebagai dasar dalam menyusun program perbaikan yang sesuai.Guru diharapkan dapat memperluas wawasan pengetahuan mengenai alternatif pemecahan masalah kesulitan belajar peserta didik, dengan mempelajari buku-buku khusus mengenai bimbingan dan penyuluhan. Jika guru tidak dapat melakukan penanganan sendiri, guru dapat melibatkan pihak lain yang lebih kompeten.