PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEWARNAI

Abstract

Kemampuan motorik halus pada usia 5-6 tahun sangat penting dioptimalkan sebagai modal awal dalam menstimulus kemampuan menulis anak yang diperlukan untuk pembelajaran pada jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu kegiatan yang efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak adalah melalui kegiatan mewarnai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni guru, anak dan kepala sekolah. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai bertujuan untuk melatih menggerakkan pergelangan tangan, jari-jemari, serta kreativitas dan imajinasi anak. Cara guru untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dimulai dari menarik perhatian anak, menyiapkan peralatan yang menarik, mengenalkan gambar pada anak serta membiarkan anak berkreativitas dan berimajinasi sendiri. Implikasi kegiatan mewarnai dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak diantaranya anak mahir menggunakan pensil warna, mampu mengkoordinasikan mata dan tangannya, serta mengembangkan keterampilan bantu diri anak.