GERBANG SEJATI MEWUJUDKAN KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13 TEMPUNAK

Abstract

Kemitraan dalam memajukan bidang penelitian merupakan kunci utama dalam membangun kemajuan kualitas pendidikan. Dengan demikian sekolah harus memiliki stackholder di lingkungan masyarakat, pemerintah dan perusahaan dalam membantu kualitas pendidikan.  Fokus penelitian ini adala apa saja factor-faktor yang mempengaruhi Gerbang Sejati mewujudkan Kemitraan Sekolah da orang tua siswa di Sekolah dasar negeri 13 Tempunak?. Tujuan Penelitian : untuk mendeskripsikan dan mengnalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Gerbang Sejati mewududkan kemitraan sekolah dan orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri 13 Tempunak. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: dengan terjalinnya komunikasi yang harmonis antara pihak sekolah dan orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri 13 Tempunak maka Gerbang Sejati akan terwujud. aktor Pendukung: Kepala Desa memberi dukungan secara moril dan materil, Komite memberikan dukungan kuat pada program sekolah, Komite dan sebagian besar orang tua terlibat aktif dalam program Gerbang Sejati, Orang tua memiliki keinginan kuat mamksimalkan hasil pendidikan anaknya. Faktor penghambat: Kesibukan orang tua untuk bekerja dalam upaya memenuhi kebutuhan ekonomi menyebabkan tidak memiliki waktu khusus, setiap kerja bakti, lebih banyak Ibu-ibu yang hadir. Sehingga pekerjaan yang memerlukan tenaga Bapak-bapak sedikit terbengkalai, masih ada orang tua yang belum bisa menyisihkan waktu untuk memberikan perhatian lebih kepada anaknya, Rendahnya pendidikan orang tua yang berdampak pada kurangnya motivasi yang diberikan kepada anak.