Kesulitan Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Melakukan Penilaian Sikap Peserta Didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Cara guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam melakukan penilaian sikap peserta didik pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Sambas; 2) Kesulitan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam melakukan penilaian sikap peserta didik pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Cara guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam melakukan penilaian sikap peserta didik pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Sambas terdiri atas beberapa cara, yakni: a) menyusun jenis sikap peserta didik; b) mengamati peserta didik secara  langsung; c) menentukan kriteria sikap sesuai karakter peserta didik; dan d) memperbanyak hubungan kerja sama. 2) Kesulitan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam melakukan penilaian sikap peserta didik pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Sambas aitu kesulitan dalam menentukan instrumen sikap dalam penilaian sikap, kurangnya waktu untuk menilai sikap peserta didik, dan kesulitan mengembangkan kriteria penilaian sikap.