PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK LOGIKA MATEMATIKA SISWA KELAS X-3 SMAN 2 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abstract

Salah satu kelemahan mendasar dalam pembelajaran matematika di kelas X-3 SMAN 2 Lembar yaitu kurangnya aktivitas siswa, siswa cenderung pasif, jenuh dan kaku dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karna metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bersifat konvensional, dimana dalam proses belajar guru mendominasi proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa dalam melajar adalah model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Lembar dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan diakhiri refleksi tiap akhir siklus. Dari hasil penelitian, aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 11,33 dengan kategori cukup aktif dan hasil ketuntasan belajar pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang tuntas dari 28 siswa yang mengikuti tes atau ketuntasan klasikal sebesar 53,57%. Ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum tercapai.Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 14,31 dengan kategori aktif dan ketuntasan belajar siswa terdapat 25 siswa yang tuntas dari 28 siswa yang mengikuti tes atau sebesar 89,28%.Hal ini menunjukkan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar sudah tercapai karena aktivitas siswa tergolong aktif dan ketuntasan belajar mencapai kurang lebih atau sama dengan 85% dalam satu kelas dengan perolehan skor lebih besar atau sama dengan 68. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas X-3 SMAN 2 Lembar tahun pelajaran 2019/2020 pada materi pokok Logika matematika.