PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMP

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan peserta didik SMP Kelas VII dalam memahami materi persamaan linear satu variabel serta belum adanya media video pembelajaran kontekstual, sehingga diperlukannya media video pemeblajaran kontekstual bagi peserta didik SMP Kelas VII di SMP Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan media video pembelajaran kontekstual pada materi persamaan linear satu variabel pada kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan angket. Untuk teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian dari hasil uji validasi media video pembelajaran termasuk dalam kriteria valid dari segi persentase rata-rata, penilaian ahli materi adalah 4,5 dengan kategori sangat baik dan ahli media 4,6 dengan kategori sangat baik, sedangkan dari respon peserta didik terhadap media video pembelajaran kontestual adalah 3,4 dengan kategori baik atau kriteria praktis dan keefektifan persentase belajar peserta didik adalah 71,8 dengan kategori baik. Sehingga media video pembelajaran kontekstual ini valid, praktis dan efektif sebagai media pembelajaran.