ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS IX

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis secara mendalam kesulitan apa yang dialami siswa pada pokok bahasan statistika khususnya yang berkaitan dengan penyajian data dalam diagram lingkaran, mean (rata‐rata) untuk pemecahan masalah (problem solving) median dan modus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen test, wawancara serta dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian dan analisis kesulitan belajar matematika pada materi statistika, ditemukan beberapa kesulitan yang dialami siswa: 1) kesulitan dalam diagram lingkaran dikarena mereka belum paham benar tentang diagram lingkaran itu sendiri seperti apa, banyak prasyarat yang belum mereka ketahui; 2) kesulitan dalam memahami rumu-rumus yang ada kemudian kurangnya ketelitian dalam perhitungan; 3) kesulitan ketika berhadapan dengan soal cerita ini dikarena kebiasaan mereka menghafalkan urutan dari penyelesaian yang sudah dijelakan oleh guru, sehingga pola berpikir mereka susah untuk menganalisis permasalahan yang ditampilkan pada soal cerita tersebut.