PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STKIP KUMALA LAMPUNG TAHUN 2020
Abstract
Mata kuliah Statistik Pendidikan merupakan salah satu ranah dari matematika. Adanya keterkaitan dengan matematika yang mana obyeknya abstrak sehingga menimbulkan persepsi bahwasanya mata kuliah statistik pendidikan itu sulit. Sumber belajar yang tidak hanya berpusat pada dosen maka kemandirian belajar penting dalam belajar statistik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar pada mata kuliah statistik pendidikan. Penelitian ini dilakukan di STKIP Kumala Lampung dengan jumlah sampel sebanyak 35 mahasiswa PG PAUD semester VI. Metode pengumpulan data dengan penyebaran angket (dalam bentuk google form) dan tes tertulis. Dalam proses analisis data menggunakan bantuan Aplikasi SPSS versi 24, yaitu baik dari uji instrumen, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar pada mata kuliah statistik pendidikan. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar ialah sebesar 22% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya