PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI ERA PANDEMIK COVID-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan guru dalam mengajar selama masa pandemik. Model pembelajaran yang digunakan guru harus mampu memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri dan mampu menarik minat siswa agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Model Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran menjadi solusi untuk mengatasi kendala pembelajaran yang dirasakan guru selama era pandemik covid-19 berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa menggunakan model Flipped Classroom dengan bantuan media video pembelajaran berisi masalah kontekstual. Melalui model Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran ini, sebanyak 78,6% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam belajar, sementara sebelum diterapkan model Flipped Classroom hanya 46,4% siswa yang tuntas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran selama masa pandemik berlangsung.