PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik geometri berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan berfikir kritis berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau riset and development. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli, angket respon peserta didik dan soal tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan mendapat rata-rata keseluruhan yaitu 3,61 dan ahli media mendapat rata-rata keseluruhan adalah 3,65 nilai ini masuk dalam kategori sangat valid. Aspek kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada 9 peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata keseluruhan 3,56 dalam kategori sangat praktis. Untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar sebesar 78%, hasil tersebut mencapai kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD geometri berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran efektif. Untuk analisis kemampuan berfikir kritis pada tiap indikator berfikir kritis tersebar dalam dua kategori yaitu sangat baik dan baik. Indikator klarifikasi mendapat persentase 92,5% nilai ini masuk dalam kategori sangat baik, indikator assesment mendapat persentase 70,3% masuk dalam kategori baik, indikator strategi dan taktik mendapat persentase 65,1% masuk dalam kategori baik dan indikator inferensi mendapat persentase sebesar 63,8% masuk dalam kategori baik.