ANALISIS KESALAHAN SISWA LEVEL VISUALISASI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kesalahan-kesalahan ketika menyelesaikan soal pemecahan masalah geometri serta rendahnya level van Hiele yang dapat dicapai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa level visualisasi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa kelas VIII SMP. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa instrument penelitian, yaitu soal tes berpikir geometri Van Hiele, soal tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 21 siswa mencapai level visualisasi Van Hiele. Siswa dengan level visualisasi banyak melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal pemecahan masalah. Kesalahan-kesalahan tersebut ditemukan pada semua butir soal pemecahan masalah yang diberikan. Kesalahan ditemukan pada setiap langkah pemecahan masalah Polya, mulai dari kesalahan dalam memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian, mencari proses solusi, hingga memeriksa kembali. Kesalahan yang dilakukan siswa tersebut berkaitan dengan keterampilan geometri siswa yang dimiliki pada level visualisasi.