PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM MENGGUNAKAN EDPUZZLE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Abstract

Rata-rata minat belajar matematika siswa pada salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kudus ketika mengikuti pembelajaran matematika memperlihatkan bahwa masih banyak siswa yang memiliki minat rendah terhadap pelajaran matematika, sehingga menyebabkan rata-rata hasil belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika masih belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai islam pada materi relasi dan fungsi kelas VIII menggunakan Edpuzzle. Adapun metode penelitian pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposivesampling,dalam penelitian ini subjek penelitiannnya adalah siswa kelas VIII pada salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kudus yang berjumlah 21 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Edpuzzle berdasarkan hasil dari jawaban siswa kelas VIII pada salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kudus ada pada kategori minat sedang. Terpenuhinya semua indikator minat belajar siswa menjadi penentu bagaimana minat belajar siswa setelah menggunakan Edpuzzle sebagai media pembelajaran matematika, baik itu indikator perasaan senang, indikator perhatian, indikator ketertarikan serta indikator keterlibatan.Dapat disimpulkan bahwa Edpuzzle dapat menjadi alternatif media pembelajaran pada pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam untuk menumbuhkan minat belajar siswa.