ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI STATISTIK PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Abstract

Pengamatan dari tahun 2021 hingga 2022 menunjukkan bahwa siswa menganggap kelas statistik sebagai mata pelajaran yang cukup menakutkan. Hal ini didukung oleh sifat komputasi material yang meningkat. Oleh sebab itu, artikel ini memiliki tujuan untuk memahami keterampilan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan High Order Thinking Skills dalam hal analisis, penilaian, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Sembilan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan menjadi peserta studi. Penelitian ini berfokus pada kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian menjelaskan bahwa rata-rata kemampuan HOTS siswa pada tahap analitik memenuhi tolok ukur yang diperlukan sebesar 56,94%, dan mereka melakukannya lagi pada segmen evaluasi dengan skor 55,56%. Selain itu, porsi materi masih memenuhi standar yang lemah sebesar 52,75%.