ANALISIS KESULITAN DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA SISWA KELAS IV SD 1 BULUNGCANGKRING MATERI SATUAN PANJANG DAN BERAT

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan panjang dan berat yang dikaji berdasarkan teori Newman, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek yang digunakan adalah 5 siswa kelas IV dengan permasalahan kesulitan siswa dalam memahami soal cerita materi satuan panjang dan berat. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan trianguliasi data melalui proses reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 5 siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita, sesuai dengan teori Newman, tahapan kesulitan yang dialami siswa ialah pada tahapan memahami, keterampilan proses, transformasi, dan tahapan penulisan jawaban. Penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita ialah berdasarkan dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya adalah kecerdasaran, minat, dan motivasi. Sedangkan penyebab faktor eksternal adalah kurangnya perhatian orang tua maupun guru, suasana kelas, penggunaan media pembelajaran yang tidak memadai.