PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIMPUNAN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaraan yaitu buku paket yang menjadi satu-satunya sumber bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dan juga buku paket yang digunakan gambar-gambarnya kurang familiar membuat peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi himpunan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi himpunan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan melalui beberapa tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Uji coba produk dilakukan sebanyak satu kali dengan subjek uji coba dalam penelitian ini adalah adalah 26 peserta didik kelas VII dua SMP Negeri 3 Batanghari. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Hasil penilaian menunjukan penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 74% dengan kriteria “Sangat Valid”, untuk hasil dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 89% dengan kriteria” Valid”. Setelah divalidasi kemudian produk diuji cobakan mengetahui respon peserta didik. Hasil dari respon peserta didik mendapat persentase sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi himpunan yang dikembangkan oleh penulis layak digunakan.