URGENSI DAKWAH SEKOLAH BAGI GENERASI MILLENIAL
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada tantangan dakwah sekolah yang seringkali menghadapi fakta bahwa rendahnya minat para siswa sebagai generasi millenial untuk terlibat di dalam kegiatan Rohis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi dakwah sekolah dengan mengkolaborasikannya dengan karakter yang dimiliki oleh generasi millenial umumnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan penelitian kepustakaan. Pendekatannya adalah secara eksploratif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil kajian bahwa dakwah sekolah dalam konteks generasi millenial melalui kegiatan Rohis memiliki urgensi antara lain sebagai sarana pembinaan akhlak, sebagai wadah untuk meng-counter arus informasi yang negatif, salah satu sarana untuk penguatan keimanan dan nasionalisme, penangkal aliran radikalisme, salah satu penunjang prestasi akademik, dan sebagai komunitas kreatif-religius yang dapat dikombinasikan dengan pembekalan berbagai keterampilan penggunaan teknologi informasi yang bermanfaat dan menarik.