PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI HARMONI KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS IXA SMP NEGERI 1 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian yang dilakukan di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Batu Ampar yang mana diperoleh informasi bahwa hasil belajar Materi Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia siswa tersebut masih rendah yaitu di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran melalui metode pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.A di SMP Negeri 1 Batu Ampar. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Dari penelitian ini, tampak adanya peningkatan hasil belajar sisw Dari 64,62% pada siklus l, dapat meningkat menjadi 78,70% pada siklus 2. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa metode Metode Pembelajaran Team Games Tournament dapat diterapkan secara efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IX.A di SMP Negeri 1 Batu Ampar.