Penerapan Permainan Maze dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Kasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil dari permainan Maze dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ditempuh dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan permainan Maze dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pendahuluan, inti, penutup, di mana permainan Maze dilakukan pada kegiatan inti yakni pada proses penyampaian materi pembelajaran. Selain itu, hasil pelaksanaan permainan Maze dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas tampak pada peningkatan aspek perkembangan motorik kasar seperti anak dapat melompat, berjalan, berjinjit, melangkah, dan menyeimbangkan tubuhnya agar tidak terjatuh.