Analisis Penggunaan Geogebra Berbantuan Chromebook untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Abstract

Artikel ini adalah penelitian kualitatif kepustakaan. Peneliti menggunakan metode kajian pustaka untuk mengumpulkan data kemudian menganalisis data yang terkumpul dengan menggunakan analisis isi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membantu siswa dalam menggunakan aplikasi geogebra berbantuan chromebook sehingga siswa dengan mudah memahami konsep-konsep dalam pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Penggunaan geogebra berbantuan chromebook harapannya siswa kelas VIII bisa mempunyai pemahaman konseptual yang baik pada materi bangun ruang sisi datar khususnya materi kubus dan balok, selain itu dengan menggunakan chromebook yang didalam nya terdapat aplikasi geogebra siswa lebih semangat dan termotivasi belajar matematika baik secara individu maupun kelompok karena sebelumnya siswa belum pernah menggunakan nya. Setelah menganalisis artikel terkait manfaat penggunaan Geogebra dalam pembelajaran matematika, ditemukan beberapa hasil signifikan yang diperoleh. Temuan ini, termasuk Geogebra memudahkan siswa untuk memahami geometri. Siswa juga cenderung lebih senang belajar geometri dengan menggunakan Geogebra yang dioperasikan dengan menggunakan computer atau chromebook.