ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI JEPIN MENGGUNAKAN DELONE AND MCLEAN IS SUCCESS MODEL DAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Abstract

Abstrak Adanya Instruksi Presiden No.3 tahun 2003 mengenai kebijakan dan strategi nasional pengembangan teknologi informasi di pemerintahan atau e-government, mewajibkan Pemerintah Kota Pontianak turut serta dalam mengembangkan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik, salah satunya Aplikasi JePin. Namun hingga saat ini belum diketahui apakah aplikasi Jepin telah sukses diterapkan dan apa saja yang dapat mempengaruhi kesuksesannya. Delone and Mclean IS Success Model merupakan model pengukuran kesuksesan sistem informasi dan Importance Performance Analysis merupakan model pengukuran kepuasan pengguna berdasarkan kesesuaian antara kepentingan dan penilaian kinerja, serta untuk mengetahui prioritas perbaikan pada Aplikasi JePin. Adapun dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Delone and Mclean IS Succes Model dan analisis data menggunakan SEM berbasis PLS menunjukan bahwa dari 26 pernyataan yang ada terdapat 2 pernyataan yang tidak valid karena memiliki nilai loading factor yaitu 0.7. Selain itu dari 7 hipotesis yang dibentuk terdapat 6 hipotesis yang diterima yaitu H1, H2, H3, H4, H5, H7 dan hipotesis yang ditolak adalah H6 yang menunjukan hubungan antara variabel Service Quality (LQ) dan variabel Citizen Satisfaction (CS), dimana hasil uji t-test H6 memiliki nilai <1.96 sehingga dinyatakan tidak signifikan. Sementara itu, hasil akhir analisis IPA menunjukan secara keseluruhan bahwa Aplikasi JePin belum memenuhi harapan pengguna karena tingkat kesesuaian hanya mencapai 99.3% atau kurang dari 100%, sehingga diperlukan perbaikan dengan melihat pada analisis kuadran dimana prioritas utama perbaikan tertuju pada indikator Efficiency, Responsive, Reliability, Well-Informedness, Overall Satisfaction, dan Act in Citizen Interest.