ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL PADA MAHASISWA UIN ARRANIRY TERHADAP DIGITAL SKILL DAN DIGITAL SAFETY
Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang secara luas sehingga menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memungkinkan terjadi keterbukaan informasi dengan berbagai fasilitas komunikasi digital atau literasi digital. Keterampilan digital dan keamanan digital adalah bagian dari literasi digital yang harus dipahami dan diperhatikan ketika menggunakan perangkat digital. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi IBM SPSS dan Microsoft Excel di Perguruan Tinggi UIN Ar-Raniry, didapati hasil tingkat pemahaman mahasiswa dalam memahami literasi digital, digital skill, dan digital safety. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang kepahaman mahasiswa dalam memahami literasi digital, digital skill, dan digital safety. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pemahaman mahasiswa itu sendiri dalam menggunakan perangkat digital dan untuk melihat pemahaman mahasiswa pada digital skill dan digital safety. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif dengan menyebarkan google form kepada mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa UIN ArRaniry dengan Teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari variabel literasi digital yaitu memiliki presentase 86.54% dengan kriteria baik. Pada variabel digital skill memiliki presentase 83.14% dengan kriteria baik. Dan pada variabel digital safety yaitu memiliki presentase 78.95% dengan kriteria cukup