ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM NUMERASI PADA DOMAIN GEOMETRI

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kemampuan minimum yang dilakukan kepada peserta didik sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Kemampuan minimum yang dimaksud adalah kemampuan paling dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik meliputi literasi membaca dan numerasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa lebih dari 50% peserta didik tidak mencapai batas kompetensi minimum untuk kemampuan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe AKM numerasi khususnya domain geometri berdasarkan teori Kastolan, yaitu: (1) kesalahan konseptual, (2) kesalahan prosedural, dan (3) kesalahan teknis. Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa tiga butir soal uraian geometri tipe AKM pada 30 peserta didik kelas VIII.8 SMPN 9 Pekanbaru. Hasil yang diperoleh berdasarkan hasil lembar jawaban peserta didik, diantaranya: (1) kesalahan konseptual sebesar 44,6% kategori berat, (2) kesalahan prosedural sebesar 38,5% kategori cukup berat, dan (3) kesalahan teknis sebesar 16,9% kategori ringan. Dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan konseptual. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran mengenai berbagai kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe AKM numerasi khususnya domain geometri, sehingga dapat menentukan tindak lanjut agar kemampuan numerasi peserta didik menjadi lebih baik. AbstractMinimum Competency Assessment (AKM) is a minimum ability assessment conducted on students as a substitute for the National Examination (UN). The minimum ability is the most basic ability that must be possessed by students, including reading literacy and numeracy. The data indicate that more than 50% of students do not reach the minimum competency limit for numeracy skills. This study aims to determine the types of errors made by students in solving AKM numeration-type questions, especially the geometry domain based on Kastolan theory, namely: (1) conceptual errors, (2) procedural errors, and (3) technical errors. This study follows a qualitative descriptive study with research instruments in the form of three items of AKM-type geometry description questions on 30 eighth-grade students of SMPN 9 Pekanbaru. The results obtained are based on the results of student answer sheets, including (1) conceptual errors of 44.6% in the severe category, (2) procedural errors of 38.5% in the moderately severe category, and (3) technical errors in the 16.9% light category. It can be concluded that the most common mistakes are conceptual errors. The results of this study provide an overview of the various mistakes made by students in solving AKM numeration-type questions, especially in the geometry domain so that they can determine follow-up actions so that students' numeracy abilities become better.