PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ALGORITMA PEMROGRAMAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menulis, merancang, dan mengembangkan bahan ajar pada mata kuliah algoritma pemrograman. Produk diharapkan dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai sumber belajar untuk kegiatan perkuliahan pada program studi pendidikan matematika. Studi ini dilakukan dengan metode Research & Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu melalui proses pengembangan. Subjek pada penelitian ini hanya terbatas pada 6 orang mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Proses pengembangan materi pendidikan yang digunakan menggunakan model 4D meliputi pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan pendistribusian (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Berdasarkan penilaian terhadap produk pengembangan, hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 92,10% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa menunjukkan persentase penilaian sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi oleh ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan persentase penilaian sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, hasil penyebaran angket respon terhadap bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan skor rata-rata 94,58% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar algoritma pemrograman dapat dikategorikan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.  AbstractThe purpose of this study is to write, design, and develop teaching materials in the programming algorithm module. The product is expected to be used by lecturers and students as a learning resource for lecturing activities in mathematics education study programs. This study was conducted using the Research & Development (R&D) method to produce certain products through a development process. The subjects in this study were limited to six third-semester students of the Mathematics Education Study Program, the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sumatera Utara Medan. The process of developing educational materials follows the 4D model, namely defining, designing, developing, and distributing. The instruments used were expert validation sheets and questionnaires filled out by students. Based on the assessment of product development, the results of validation by material experts show a percentage of 92.10% with a very valid category, validation results by linguists show a percentage of 93.75% with a very valid category, and results of validation by media and design experts learning shows an assessment percentage of 97.5% with a very valid category. Furthermore, the results of distributing response questionnaires to the developed teaching materials show an average score of 94.58% which is considered in the very practical category. Based on the results of this study, it can be concluded that programming algorithm teaching materials can be categorized as very valid and practical for use in learning.