Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan bagian penting dalam ketercapaian tujuan dari pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi guru al-quran hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru al-quran hadist. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yang di dapatkan, motivasi guru al-qur’an hadist antara lain; kuis dan hadiah, memberi pujian. faktor pendukung dan penghambat guru al-qur’an hadist dalam memotivasi belajar siswa, faktor pendukungnya lingkungan, fasilitas dan orang tua, faktor penghambatnya terdapat pada pribadi anak itu sendiri serta psikologi dan ekonominya. Strategi pembelajaran yang digunakan guru al-qur’an hadist adalah hanya menggunakan strategi atau metode ceramah dalam berlangsungnya proses pembelajaran.