Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Pemalang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa masih banyak guru yang belum meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran. Padahal ada banyak teknologi yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru harus memilih media pembelajaran berbasis teknologi sekaligus bersifat dua arah agar ada interaksi antara guru dan siswa serta bersifat kolaboratif. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang bersifat two-way adalah aplikasi Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter (PABP) di SMK N 1 Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengungkap informasi tentang penggunaan aplikasi kahoot yang diterapkan oleh guru PABP dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PABP di SMK Negeri 1 Pemalang sehingga pembelajaran berlangsung interaktif dan menarik. Dengan adanya kahoot ini, siswa dan guru sangat terbantu karena proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan sehingga materi pelajaran lebih mudah diingat dan dipahami.