Perspektif Mahasiswa Nonmuslim terhadap Mata Kuliah Bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Kupang

Abstract

Penelitian ini menyajikan perspektif mahasiswa nonmuslim terhadap pembelajaran bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa nonmuslim pada mata kuliah bahasa Arab dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun urgensi penelitian ini untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa non muslim dalam pembelajaran bahasa Arab dengan cara membuat modul dan media pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan problematika pembelajaran bahasa Arab yang mereka alami. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya antara lain melalui observasi, angket (kuesioner) dan wawancara (interview). Peneliti membagikan angket pada mahasiswa nonmuslim di Universitas Muhammadiyah Kupang dengan maksud untuk memperoleh jawaban dari beberapa alternatif. Kemudian untuk memperoleh data yang mendekati kebenaran dengan cara melakukan wawancara pada mahasiswa nonmuslim di Universitas Muhammadiyah Kupang tentang pembelajaran bahasa Arab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dianggap sulit bagi mahasiswa nonmuslim, sulit dalam pengucapan dan penulisannya yang disebabkan oleh mahasiswa nonmuslim baru mengenal bahasa Arab. Metode yang digunakan oleh dosen pengampu sudah dianggap mampu memudahkan mereka dalam pengucapan kata-kata dalam bahasa Arab yang hampir mirip dengan bahasa Indonesia, dan juga dapat menulis meskipun agak begitu sulit.