PENGARUH PENGETAHUAN LABEL HALAL DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MELALUI REKOMENDASI KELOMPOK SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih.Variabel bebas (eksogen) dalam penelitian ini adalah Kesadaran merek (X1), Pengetahuan Produk (X2) dan Label Halal (X3). Variabel terikat (endogen) dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Variabel moderator dalam penelitian adalah Rekomendasi Kelompok (Z). Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research.Populasi dalam penelitian ini adalah populasi target yakni seluruh perempuan yang membeli Kosmetik Emina dari di Kota Medan yang belum diketahui jumlahnya. Adapun teknik pengambilan ukuran sampel dengan menggunakan Metode Hair yaitu dengan menggandakan minimal 10 dari total variabel bebas dan terikat. Pada penelitian ini terdapat 5 variabel penelitian, dan penulis memilih 20 kali penggandaan, sehingga diperoleh jumlah responden yang diambil sebanyak 100 orang sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan Smart-PLS. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Pengetahuan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Label halal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Rekomendasi Kelompok berpengaruh negatif dan signifikan memoderasi kesadaran merek terhadap keputusan pembelian, Rekomendasi Kelompok berpengaruh negatif dan signifikan signifikan memoderasi pengetahuan terhadap keputusan pembelian dan Rekomendasi Kelompok berpengaruh negatif dan tidak signifikan memoderasi label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Medan.