STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL SISWA DI PERPUSTAKAAN SMAN 1 KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa di perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Guguak dan keterbatasan yang dihadapi oleh pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa dan yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan intelektual siswa di Perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan intelektual siswa, untuk mengetahui strategi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan kemmapuan intelektual siswa.  Jenis penelitian ini dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, sehingga data yang diperoleh dari informan penelitian ini dilakukan dengan teknik snowball sampling dengan informan 1 orang kepala perpustakaan sebagai informan utama, 1 informan pustakawan bidang pengelola, 1 informan pustakawan bidang administrasi dan 1 informan pustakawan bidang layanan sirkulasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah teknik penyajian data, reduksi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa di perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Guguak sudah baik. Adapun strategi-strategi yang dilakukan oleh pustakawan di SMAN 1 Kecamatan Guguak seperti meningkatkan pengembangan diri terhadap minat baca siswa, menumbuhkan minat baca, siswa harus meningkatkan ilmu pengetahuannya dengan banyak membaca dan memfilter perkembangan zaman yang diikuti. Dan adapun kendala dalam yang dihadapi penambahan bahan-bahan koleksi perpustakaan, penambahan pustakawan, sistem masih manual, penambahan anggaran untuk perpustakaan dan peningkatan fasilitas perpustakaan. Kata Kunci : Strategi, Pustakawan, Kemampuan Intelektual, Perpustakaan.