Analisis Manajemen Pengendalian Kualitas Layanan Sirkulasi dengan Perspektif Total Quality Management (TQM) di Perpustakaan Umum Kota Solok
Abstract
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis manajemen pengendalian kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Solok yang dilihat dari prinsip-prinsip Total Quality Management. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis manajemen pengendalian kualitas layanan sirkulasi dengan perspektif Total Quality Management di Perpustakaan Umum Kota Solok, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengendalian kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Solok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan analisis manajemen pengendalian kualitas layanan sirkulasi dengan perspektif Total Quality Management di Perpustakaan Umum Kota Solok telah dilakukan dengan baik, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah koleksi, kunjungan dan anggota setiap tahun, adanya kegiatan rutin seperti pengadaan buku setiap tahun dan layanan buku bergulir, adanya fasilitas yang memadai, adanya kotak kritik dan saran serta perbaikan sesegera mungkin. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kendala yang menghambat pengendalian kualitas layanan sirkulasi, yaitu gedung yang masih kurang luas dan masih berada di lingkungan perkantoran, nomor pustaka yang sulit dihubungi, tidak dapat hanya bergantung pada sistem otomasi sehingga tetap perlu yang manual, dan pengadaan yang terbatas karena anggaran yang sedikit. Saran untuk pengelola Perpustakaan Umum Kota Solok adalah pengelola diharapkan segera memperbaiki dan meningkatkan unsur-unsur layanan yang masih memiliki kekurangan agar kualitas layanan dan citra baik yang telah diwujudkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan.