Analisis Pengelolaan dan Pemanfaatan Koleksi Braille di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu
Abstract
This research examines the "Analysis of Management and Utilization of Braille Collections at SLB-ABCD Muhammadiyah Palu," where the research problem formulation includes how the management of braille collections is carried out at the Library of SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, and how these braille collections are utilized. This study employs a qualitative approach with a descriptive research design. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The informants in this research include the head of SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, teachers of visually impaired students, and the visually impaired students themselves. The research findings explain that the management of braille collections at the Library of SLB-ABCD Muhammadiyah Palu involves acquisition through gifts and self-publishing, manual inventory and cataloging, and classification based on alphabetical order. The braille collection at the library includes braille magazines, braille textbooks, Braille Qur'an, braille atlases, tactile maps, and 3D models of Mount Merapi. The braille collections most frequently utilized by students are braille textbooks, braille magazines, and the Braille Qur'an. One challenge in utilizing braille collections is when students have both visual and hearing impairments, making it difficult for them to comprehend the use of braille collections. It is necessary to recruit librarians and staff to assist in the management of collections in the library, making it easier for students or teachers to find collections that meet their needs. There is also a need for the acquisition of braille collections tailored to the students' needs, such as audiobooks, to benefit visually impaired students who struggle with braille books. Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang “Analisis Pengelolaan dan Pemanfaatan Koleksi Braille di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu” dimana rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan koleksi braille di Perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu? dan bagaimana pemanfaatan koleksi braille di perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah kepala sekolah SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, guru pengejar siswa penyandang tunanetra dan siswa penyandang tunanetra. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengelolaan koleksi braille di Perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu terdiri dari pengadaan yang diperoleh melalui hadiah dan terbitan sendiri, inventarisasi dan katalogisasi yang masih dilakukan secara manual, dan klasifikasi dengan pengelompokan berdasarkan abjad. Koleksi braille yang terdapat di perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu meliputi majalah braille, buku pelajaran braille, Al-Qur’an braille, atlas braille, peta taktual (peta timbul) dan peraga gunung Merapi 3 dimensi. Koleksi braille yang sering dimanfaatkan siswa yaitu buku pelajaran braille, majalah braille dan AL-Qur’an braille. Adapun yang menjadi kendala dalam pemanfaatan koleksi braille yaitu apabila siswa tersebut penyandang tunaganda, dimana mengalami tunanetra juga tunaganda sehingga kesulitan dalam memahami penggunaan koleksi braille. Perlu adanya perekrutan pustakawan dan staf yang membantu agar pengelolaan koleksi di perpustakaan dapat dilaksanakan, sehingga mempermudah siswa atau guru dalam menemukan koleksi sesuai kebutuhan mereka dan perlunya pengadaan koleksi braille yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat dimanfaatkan dengan baik, contohnya koleksi audiobook bagi sehingga dapat dimanfaatkan oleh siswa tunanetra yang kesulitan dalam memanfaatkan buku braille.