PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU AJAR TERINTEGRASI PROSES SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Berpikir kritis telah menjadi bagian penting dalam pembelajaran pada semua level pendidikan di Indonesia. Membelajarkan keterampilan berpikir kritis membutuhkan pendekatan yang holistik dengan ketersediaan sumber belajar. Buku ajar terintegrasi proses saintifik dapat menjadi suplemen pokok untuk membelajarkan keterampilan berpikir kritis, karena proses saintifik merupakan prekursor (petunjuk awal) untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini akan menghasilkan produk prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Data kevalidan prototipe buku ajar diperoleh melalui proses validasi yang melibatkan pakar dan praktisi melalui mekanisme Focus Group Discussion (FGD). Setelah prototipe buku ajar dinyatakan valid selanjutnya dilakukan implementasi di lapangan untuk mendapatkan data kepraktisan prototipe buku ajar yang terukur dari keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), aktivitas pembelajaran, dan respon siswa. Selanjunya data keefektifan prototipe buku ajar terukur dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah implementasi di lapangan. Luaran dalam penellitian ini berupa: a) buku ajar ter ISBN, b) artikel ilmiah yang dipublikasi dalam jurnal nasional terakareditasi, dan c) hasil penelitian yang disampaikan dalam seminar nasional.