PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN USAHA DI PROGRAM STUDI PGMI STAI MUHAMMADIYAH BLORA

Abstract

Energi dan Usaha merupakan salah satu Sub Materi dalam Perkuliahan Pembelajaran IPAProgram studi PGMI di STAI Muhammadiyah Blora. Materi bahasan tersebut menjelaskan bentuk-bentuk energi, perubahan energi, energi mekanik, usaha serta hubungan energi dan usaha. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan dibebarapa sekolah menengah pertam, Sekolah Menengah Atas Bahkan tingkat perguruan tinggi banyak kendala yang dialami Guru dan Dosen dalam menyampaikan materi Pembelajaran IPA khususnya energi dan usaha. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor salah satunya yaitu tidak adanya media pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah Memanfaatkan media pembelajaran IPA pokok bahasan energi dan usaha yang berkualitas sebagai alat bantu Dosen dan Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran merupakan perangkat lunak namun perangkat ini lebih sesuai dimasukkan ke perangkat pembelajaran. Hal ini disebabkan karena perangkat lunak ini digunakan untuk proses belajar mengajar. Sehingga pengukuran kualitas media pembelajaran ini mengacu pada kriteria kualitas menurut Nieven . Menurut Nieven dikutip dalam Yamasari suatu material dikatakan baik jika memenuhi aspek-aspek kualitas antara lain: (1) Validitas, (2) Kepraktisan, dan (3) Keefektifan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa program multimedia pembelajaraninteraktif yang dibuat ini berkualiatas karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif (Nieeven dalam Yamasari, 2010). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa program yang dikembangkan layak dijadikan sebagi media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam Perkuliahan pembelajaran Ipa pokok bahasan energi dan usaha untuk Program studi PGMI.