Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Papan Game Number One untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, dan mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT Berbantuan Papan Game Number One pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 5 Praya Timur pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar dan respons siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan-tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pengisian lembar kerja siswa (LKS)/tugas, nilai game/permainan, dan tes akhir siklus. Data respons siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Penelitian dikatakan berhasil apabila aspek hasil belajar menunjukkan Daya Serap Siswa (DSS) ≥ Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 dan Ketuntasan Klasikal (KK) ≥ 85%, dan respons siswa minimal berkategori positif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 74,0 dengan ketuntasan klasikal 73,9% dan standar deviasi 6,8 pada siklus I menjadi 75,5 dengan ketuntasan klasikal 87% dan standar deviasi 6,4 pada siklus II, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT Berbantuan Papan Game Number One diperoleh skor rata-rata sebesar 77,8 dengan standar deviasi 2,3 dan kategori positif. Hasil analisis data tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT Berbantuan Papan Game Number One dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 5 Praya Timur pada tahun pelajaran 2019/2020.