A Penerapan Strategi Motivasional ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di MTs Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun Pelajaran 2021/2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII di MTs Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data motivasi dan hasil belajar fisika siswa selama KBM berlangsung. Data motivasi belajar fisika siswa diperoleh dengan cara pengisian angket oleh siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan, dan data hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil evaluasi disetiap akhir siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar fisika siswa dengan melihat data sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh hasil dari analisis angket motivasi ARCS yaitu kriteria positif rerata = 3,46 (cukup baik) dan kriteria negatif rerata = 2,54 (cukup baik) kemudian setelah pelaksanaan tindakan diperoleh hasil analisis angket motivasi ARCS yaitu kriteria positif rerata = 3,71 (baik) dan kriteria negatif rerata = 3,28 (cukup baik). Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan hasil belajar fisika siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62,82 dengan ketuntasan klasikal 66,7%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 69,93 dengan ketuntasan klasikal 86,7 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTs Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun Pelajaran 2021/2022.