Menulis Surat Pribadi kepada Presiden RI sebagai Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memberikan pembelajaran bermakna yang menghasilkan sebuah produk berupa karya. Metode yang digunakan yakni deskriptif kulitatif. Metode ini memotret kegiatan pembelajaran apa adanya. Pembelajaran yang dilakukan yakni menulis surat pribadi. Agar pembelajaran menulis surat pribadi menjadi pembelajaran bermakna maka maka dipilih tema “menulis surat pribadi kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo”. Model yang digunakan untuk mencapai kompetensi dan kebermaknaan dipilih model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Dalam pembelajaran menulis surat pribadi kepada presiden, pembelajaran berpusat pada peserta didik sedangkan guru sebagai fasilitator, mulai dengan merencanakan, melaksanakan,sampai pada terwujudnya produk berupa surat yang dikirimkan kepada presiden melalui kantor pos terdekat. Isi surat memuat pengalaman kontektual dan harapan pribadi peserta didik kepada presiden terkait peristiwa aktual. Produk berupa 27 pucuk surat pribadi kepada presiden ini dalam waktu tiga bulan setelah pengiriman mendapatkan balasan dari Kesekretariatan Negara.