ABILITY TO COMPOSE NUMERATION LITERACY QUESTIONS BASED ON ACMI'S SKILLS THROUGH BLENDED LEARNING

Abstract

Kompetensi literasi numerasi peserta didik berdasarkan standar AKMI dikategorikan dalam lima level kemahiran. Hasil AKMI menjadi dasar perbaikan desain pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun soal literasi numerasi berdasarkan level kemahiran AKMI melalui metode blended learning. Subjek penelitian adalah guru madrasah ibtidaiyah (MI) se-Jawa Timur yang berjumlah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian kemampuan menyusun soal, lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis hasil soal yang disusun oleh guru, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal-soal literasi numerasi berdasarkan level kemahiran AKMI, yang ditunjukkan dengan rata-rata capaian kemampuan guru di siklus I pada minimal level cakap sebesar 54%, dan pada siklus I telah meningkat menjadi 96,8%. Penerapan Blended Learning juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 70% pada Siklus I dan mencapai 93% pada siklus II