MERDEKA MENGAJAR PLATFORM AS A SUPPORT FOR THE QUALITY OF MATHEMATICS LEARNING IN EAST JAVA

Abstract

Merdeka belajar yang dicetuskan oleh menteri pendidikan merupakan sebuah terobosan baru sebagai keterbukaan proses pembelajaran yang nantinya dapat memberikan pengalaman belajar tanpa harus dituntut oleh standar ketuntasan dan standar kelulusan. Dengan pengimplementasian merdeka belajar diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika. Dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, Kemendikbudristek mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk mempermudah guru dalam mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penggunaan Platform Merdeka Mengajar sebagai penunjang kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 30 responden yang merupakan guru matematika yang telah menggunakan Platform Merdeka Mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket online dan wawancara terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Platform Merdeka Mengajar sangat membantu para guru dalam mengembangkan potensi diri untuk menginspirasi dan mengajar lebih baik salah satunya dalam pembelajaran matematika. Fitur/produk yang tersedia dalam Platform Merdeka Mengajar memberikan berbagai informasi, inspirasi dan inovasi para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menunjang kualitas pembelajaran matematika. Platform Merdeka Mengajar masih memerlukan pengembangan serta pemutakhiran agar dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi seluruh pengguna.