Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok melalui media audio visual untuk meningkatkan kesadaran moral pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitatif dengan rancangan One Grup Pretes dan Posttest, sampel penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas VIII SMP Al-Islamiyah dan sampel diambil melaui purposive sampling. Hasil penelitian uji paired sampel t test berdasarkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, yang dapat dinyatakan bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima. Selain itu, terdapat perbedaan dari hasil nilai rata-rata pre-test (116,75) dan rata-rata post-test (129,25) yang mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 12,5. Yang artinya bimbingan kelomok berbasis media audio visual di SMP Al-Islamiyah efektif meningkatkan kesadaran moral siswa.