NILAI EDUKATIF DALAM SURAT AL-FATIHAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KARAKTER
Abstract
Artikel ini mengkaji nilai edukatif normatif dalam surat Al-Fatihah dan pengaruhnya terhadap karakter. Kajian ini termasuk katagori penelitian kepustakaan. Metode kajian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Data primer dalam kajian ini adalah surat Al-Fatihah. Sedangkan data sekunder sebagai penunjang dalam artikel ini berasal dari referensi-referensi yang berkaitan dengan tema pembahasan, terutama kitab-kitab tafsir. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa nilai sangat penting untuk ditanamkan pada diri seseorang, sebab nilai adalah rujukan dan keyakinan dalam menentukan sikap. Oleh sebab itu, nilai sangat berpengaruh pada karakter dan perilaku seseorang. Surat Al-Fatihah memuat nila-nilai normative dalam tiga aspek; (1) nilai i'tiqadiyah, (2) nilai Khuluqiyah , dan (3) nilai amaliah (Syariah). Namun, tulisan ini dibatasi kajian hanya pada nilai pendidikan akidah (i'tiqadiyah) saja dan pengaruhnya terhadap karakter. Alasannya, akidah merupakan fondasi yang menjadi tumpuan dari syariah dan akhlak. Syariah adalah implementasi dari akidah. Sedangkan akhlak merupakan cerminan daripada akidah dan syariah. Jadi, akidah merupakan worldview atau basic belief yang menjadi nilai utama dalam kehidupan seseorang. Dalam surat Al-Fatihah memuat beberapa nilai akidah, yaitu keimanan dan tauhid. Dan dalam surat Al-fatihah memuat tiga jenis tauhid secara lengkap, yaitu rububiyyah, uluhiyyah, dan asmâ' wa shifat.