Urgensi Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Self- Motivated Learning Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist

Abstract

Rendahnya minat siswa pada mata pelajaran Qur’an hadits sangatlah memprihatinkan, padahal pendidikan agama Islam merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi bangsa untuk dapat pemahaman, keyakinan (iman), dan mengamalkan ajaran Islam dari sumber yang utama yakni Al-Qur’an dan Al-Hadits. Salah satu menyebab faktor kurangnya minat dikarenakan berkurangnya Self motivated learning pada setiap siswa. Dengan wujudnya Bimbingan konseling pada dunia pendidikan dipercaya dapat menanggulangi serta meminimalisir segala hambatan yang terjadi di dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Maka dengan ini peneliti beraksud untuk meneliti urgensi layanan bimbingan kelompok terhadap Self- motivated Learning siswa kelas VII MTs Darunna’im Rangkasbitung pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Pengumpulan data melalui tehnik observasi, pengisian kuesioner lalu diolah menggunakan SPSS dengan perolehan hasil sebesar 60.2% layanan bimbingan kelompok terbukti berpengaruh pada peningkatan Self- Motivated Learnig pada mata pelajaran Qur’an Hadits serta dengan perolehan nilai Fhitung  34.727 dengan signifikansi 0.000 < 0.05.