Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Perhatian Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 14 Dumai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua dan perhatian guru terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Dumai. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 162 siswa kelas VIII sebagai sampel dan data sekunder yaitu nilai prestasi belajar yang diperoleh dari dokumen Wakasis. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda dengan aplikasi Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bimbingan orang tua dan perhatian guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Dumai sebesar 54,2% terhadap prestasi belajar siswa dan 45,8% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu fasilitas belajar, perhatian orang tua, lingkungan keluarga, teman sebaya, motivasi belajar dan minat belajar yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Dumai.