Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa di MTS Al Furqan Dumai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai (2) Pengaruh keteladanan orang tua terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai (3) Pengaruh kompetensi kepribadian guru dan keteladanan orang tua terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian ini bertempat di MTs Al Furqan Dumai. Populasi penelitian ini adalah kelas VII, VIII, IX yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keteladanan orang tua terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi kepribadian guru dan keteladanan orang tua secara serentak terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai.