Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam dan Aktivitas Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MTs Al - Falah Dumai

Abstract

Perilaku sosial siswa kepada guru sedikit banyak masih kurang memperhatikan kesopanannya seperti menerapkan tiga S yaitu, senyum, sapa dan salam dan ketika belajar di dalam kelas siswa dalam belajar kelompok cenderung untuk memilih teman, terkadang siswa berkelahi di jam istirahat, siswa yang tidak mengikuti pembelajaran, dan sering kedapatan siswa merokok di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Al – Falah Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Al - Falah Dumai dengan jumlah 291 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel adalah 168 siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 168 siswa. Penguji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda.. Hasil penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh pemahaman pendidikan agama islam dan aktivitas keagamaan terhadap perilaku sosial siswa MTs Al Falah Dumai model regresi Y=19,961+0,460 (X1)+ 0,352 (X2). Dari model di atas dapat dijelaskan bahwa perilaku sosial ditentukan oleh pemahaman pendidikan agama islam dan aktivitas keagamaan. Untuk variabel pemahaman pendidikan agama islam memberikan pengaruh positif 46% dan nilai sig 0,000 < 0,05, maka signifikan terhadap  variabel perilaku sosial. Dan aktivitas keagamaan memberikan pengaruh positif 35,2% dan nilai sig 0,000 > 0,05 maka signifikan terhadap  variabel perilaku sosial. Dan Pemahaman pendidikan agama islam dan aktivitas keagamaan secara serentak memberikan kontribusi kepada varibel perilaku sosial sebesar 50% dan 50% dipengaruhi oleh sifat bekerjasama siswa, sifat berbagi siswa, dan antusias siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler.