Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar di MTS Nurul Wahid Bukit Kapur-Dumai

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru Tehadap Motivasi Belajar di MTs Nurul Wahid Bukit Kapur-Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Nurul Wahid Bukit Kapur-Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah hanya siswa kelas VII DAN VIIIĀ  dengan jumlah 151 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel adalah 110 siswa. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 110 siswa. Penguji prasyarat meliputi uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasi penelitian ini adalah : terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar dengan persentase 50% dan sisanya 50% dipengaruhi oleh faktor lain.