Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom dan Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Dumai

Abstract

Media Pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian siswa. Dengan hadirnya  media pembelajaran berbasis teknologi informasi  dalam pembelajaran adalah tuntutan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran google  classroom dan media sosial youtube terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2  Dumai. Variabel google classroom dan media sosial youtube pada penelitian ini sama sama dapat dimanfaatkan guna memudahkan guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa terikat tempat dan waktu. Data yang di gunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Jumlah populasi dari dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Dumai yang berjumlah 589 siswa, dengan berpedoman pada rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 238 responden. Data diolah menggunakan analisis regresi berganda bantuan SPSS 21. Hasil  penelitian menemukan bahwa google classrom berpengaruh secara signifikan terhadap  motivasi belajar di SMK Negeri 2 Dumai. Media sosial youtube berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Dumai. penggunaan media  pembelajaran google classroom, media sosial youtube secara bersama-sama memberikan  pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Dumai.