Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMA N 4 Dumai

Abstract

Perilaku sosial yang tidak baik dapat menghambat tujuan pembelajaran, sehinggaberkurangnyanilai dari keefektifan dan keefesienan yang kemudian akan mempengaruhi pola keteraturan yang telah dibentuk dan dijalankan. Perilaku sosial siswa terlihat masih terdapat kurangnya tenggang rasa dan tolong menolong, siswa kurang mempedulikan kebersihan dan juga terdapat siswa yang melanggar aturan aturan, maka dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh pemahaman pendidikan agama islam dan keteladanan guru terhadap prilaku sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 4 Dumai berjumlah 400 siswa yang beragama islam. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus isac dan michael sehingga jumlah sampel adalah 186 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 186 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak pemahaman pendidikan agama islam dan keteladanan guru berpengaruh positif dan signifikan  terhadap perilaku sosial siswa kelas X dan XI yang beragama islam di SMAN 4 Dumai. Dari hasil perhitungan SPSS menujukkan pengaruh pemahaman pendidikan agama islam dan keteladanan guru sebesar 34,5% dan sisanya 65,5% dipengaruhi oleh faktor lain.